Most Read

Penerapan Komputasi Modern Di Lingkungan Perusahaan

Selasa, 07 April 2020

Teori Komputasi dan Analisis Website


1.    Tugas
a.    Teori komputasi
Komputasi
Komputasi sebetulnya bisa diartikan sebagai cara untuk menemukan pemecahan masalah dari data input dengan menggunakan suatu algoritma. Hal inilah yang disebut dengan teori komputasi, suatu sub-bidang dari ilmu komputer dan matematika. Selama ribuan tahun, perhitungan dan komputasi umumnya dilakukan dengan menggunakan pena dan kertas, atau kapur dan batu tulis, atau dikerjakan secara mental, kadang-kadang dengan bantuan suatu tabel. Namun sekarang, kebanyakan komputasi telah dilakukan dengan menggunakan komputer.
Teori Komputasi
Teori komputasi adalah cabang ilmu komputer dan matematika yang membahas apakah dan bagaimanakah suatu masalah dapat dipecahkan pada model komputasi, menggunakan algoritma. Teori Komputasi dapat dianggap sebagai model penciptaan dari seluruh cabang dalam bidang ilmu komputer (computer science). Maka dari itu, logika dan matematika digunakan dalam teori komputasi. Teori komputasi dibagi menjadi 3, yaitu :
1.      Teori otomata (automata theory)
Teori otomata adalah teori mengenai mesin-mesin abstrak, dan berkaitan erat dengan teori bahasa formal. ada beberapa hal yang berkaitan dengan Otomata, yaitu Grammar. Grammar adalah bentuk abstrak yang dapat diterima (accept) untuk membangkitkan suatu kalimat otomata berdasarkan suatu aturan tertentu.
2.      Teori Komputabilitas (computability theory)
Teori komputabilitas bertujuan untuk memeriksa apakah persoalan komputasi dapat dipecahkan pada suatu model komputasi teoritis. Dengan kata lain, teori komputabilitas mengklasifikasikan persoalan sebagai dapat dipecahkan (solvable) atau persoalan yang tidak dapat dipecahkan (unsolvable). Teori kompleksitas bertujuan untuk mengkaji kebutuhan waktu dan ruang untuk memecahkan persoalan yang diselesaikan dengan pendekatan yang berbeda-beda.


3.      Teori Kompleksitas (computational complexity theory)
Teori kompleksitas mengklasifikasikan persoalan sebagai persoalan mudah (easy) atau persoalan sukar (hard).
Komputasi Modern
Komputasi Modern merupakan sebuah sistem yang akan menyelesaikan masalah matematis menggunakan komputer dengan cara menyusun algoritma yang dapat dimengerti oleh komputer yang berguna untuk menyelesaikan suatu masalah.  Dalam komputasi modern terdapat perhitungan dan pencarian solusi dari masalah. Perhitungan dari komputasi modern adalah akurasi, kecepatan, problem, volume dan besar kompleksitas. Komputansi modern mempunyai karakteristik komputasi modern yang terdiri atas 3 macam, yaitu :
1.      Komputer-komputer penyedia sumber daya bersifat heterogenous karena terdiri dari berbagai jenis perangkat keras, sistem operasi, serta aplikasi yang terpasang.
2.      Komputer-komputer terhubung ke jaringan yang luas dengan kapasitas bandwidth yang beragam.
3.      Komputer maupun jaringan tidak terdedikasi, bisa hidup atau mati sewaktu-waktu tanpa jadwal yang jelas.
Implementasi Komputasi
1.      Bidang Fisika
Mempelajari implementasi algoritma numerik untuk memecahkan permasalahan teori kuantitatif fisika yang sudah ada. Sering dianggap sebagai cabang menengah diantara fisika teoritis dan fisika eksperimental.
2.      Bidang Kimia
Merupakan salah satu cabang kimia yang menggunakan ilmu komputer untuk membantu menyelesaikan masalah kimia. Hal yang dipaparkan dari dari teori kimia digabungkan dengan program komputer yang handal untuk menghitung struktur dan sifat molekul.
3.      Bidang Matematika
Terdapat numerical analysis yaitu sebuah algoritma dipakai untuk menganalisa masalah - masalah matematika.
4.      Bidang Ekonomi
Terdapat Computational Economics yang mempelajari titik pertemuan antara ilmu ekonomi dan ilmu komputer mencakup komputasi keuangan, statistika, pemrograman yang di desain khusus untuk komputasi ekonomi dan pengembangan alat bantu untuk pendidikan ekonomi.
5.      Bidang Geografi
Terdapat penggunaan komputasi yang diterapkan pada GIS (Geographic Information System) yang berguna untuk menyimpan, memanipulasi dan menganalisa informasi geografi.
6.      Bidang Geologi
Pada bidang geologi teori komputasi biasanya digunakan untuk pertambangan, sebuah sistem komputer digunakan untuk menganalisa bahan-bahan mineral dan barang tambang yang terdapat di dalam tanah.


















b.      Analisis website Jco Donuts
J.Co Donut & Coffee didirikan oleh salah seorang pengusaha salon asli Indonesia bernama Johnny Andrean. Ide untuk mendirikan J.Co Donut & Coffee berawal dari kebiasaan Johnny yang sering melakukan perjalanan bisnis ke Amerika Serikat. Kala itu Johnny gemar mencicipi berbagai donat khas Amerika. Dari kegemarannya tersebut, Johnny mulai terinspirasi untuk memulai bisnis donat khas Amerika.
Dari ide bisnis donat tersebut, awalnya Johnny berniat untuk menjalin kerjasama dengan waralaba donat asli Amerika. Namun ternyata harapan tersebut tak jadi diwujudkan karena adanya keterbatasan seputar varian produk dan proses pemantauan kualitas. Akhirnya Johnny Andrean memutuskan untuk memulai bisnis donatnya secara independen.
Proses pengembangan ide dan inovasi  J.Co Donut & Coffee berlangsung dalam waktu yang lama, kurang lebih sekitar 3 tahun sebelum gerai pertamanya dibuka. Dalam kurun waktu 3 tahun tersebut, Johnny berusaha melakukan riset, survey pasar dan sampling mengenai produk donat seperti apa yang diinginkan oleh masyarakat Indonesia. J.Co Donut & Coffee juga menggunakan logo berbentuk burung merak dengan warna coklat dan orange yang dominan sebagai simbol dari keindahan, kelembutan, keabadian dan segala maksud-maksud baik demi pencapaian tujuan bisnis yang bisa berkembang di masa depan.
Kala mengumpulkan riset mengenai gerai donat modern, Johnny juga menemukan fakta bahwa belum ada 1 pun gerai donat di Indonesia yang memiliki konsep open kitchen. Hal ini membuat Johnny ingin mengusung konsep open kitchen agar para pelanggan dapat menyaksikan langsung proses pembuatan donat yang higienis, menggunakan bahan-bahan berkualitas dan mengagumkan.
Seluruh mesin-mesin pembuat donat diimpor dari mancanegara, dan begitu pula dengan lebih dari 50% bahan baku donat. Johnny memilih untuk mengimpor bahan baku tersebut dari negara-negara penghasil komoditi terbaik demi menjaga kualitas bisnis donatnya. Misalnya saja coklat yang diimpor langsung dari Belgia dan susu yang diimpor dari Selandia Baru. Sementara untuk urusan bubuk kopi juga diimpor dari Costa Rica sebagai salah satu penghasil kopi terbaik di dunia.

Tampilan Home

          Pada header disebelah kiri tedapat logo jco donuts, disebelah kanannya terdapat opsi donuts,coffee,menu,stores, dan contact us. Dimenu utama hanya terdapat beberapa gambar dari menu menu yang disediakan oleh jco dan opsi explore our menu.

          Lalu pada bagian footer terdapat foto dengan keterangan be our partner dan our locations. Dibawah dari website terdapat beberapa opsi seperti our story yang berisi tentang sejarah dari jco donuts,our products yang berisi produk dari jco,stores yang berisi lokasi jco berada, online order untuk melakukan pemesanan online, in the press dimana restaurant ini namanya ditautkan dalam berita berita internasional,events yang berisi tentang event yang dilaksanakan oleh jco donuts, franchise yang tidak berisi apa apa, contact us untuk menghubungi jco via email, get in touch untuk berkomunikasi atau melihat info terbaru jco melalui facebook,instagram ataupun youtube, change region untuk merubah region, language untuk merubah bahasa,newsletter untuk mengikuti info promo dari jco via email, dan yang terakhir adalah trademark dari jco sendiri.

Tampilan Donuts
Pada donuts kita dapat melihat gambar beberapa variasi dari donat yang disediakan, dengan narasi yang menceritakan tentang donat tersebut, serta foto dimana donat tersebut dibuat,dimana membuat website ini menjadi lebih berestetik.   

Dibawah terdapat tombol our donuts menu, dimana akan ditampilkan seluruh menu dari donat yang tersedia di jco.
Tampilan Coffee
Pada coffee kita dapat melihat gambar beberapa variasi dari kopi yang disediakan, dengan narasi yang menceritakan tentang kopi tersebut, serta foto dimana kopi tersebut dibuat,serta penjelasan mengapa menggunakan kopi arabica. Yang estetik.
 
Dibawah terdapat tombol our coffee menu, dimana akan ditampilkan seluruh menu dari kopi yang tersedia di jco.

Tampilan Menu
          Pada menu terdapat berbagai pilihan menu yang tersedia di jco. Pada menu food terdapat jco donut itu sendiri, j.club, dan j.cool. Pada menu beverages terdapat menu coffee dan other.



Tampilan Stores
          Pada tampilan stores terdapat map yang tidak berfungsi yang menunjukkan lokasi store jco yang terdekat dari lokasi pengguna saat ini. Juga terdapat filter untuk mencari lokasi jco dari lokasi yang diinginkan.

Tampilan Contact Us
          Pada tampilan contact us terdapat form untuk mengisi feedback terhadap jco melalui email.
 
Kesimpulan
          Kesimpulannya website jco dunuts ini terlihat begitu estetik dengan banyaknya gambar dan narasi narasi yang bagus mengenai produk dari jco sendiri, dibalut dengan simplenya website ini membuat user gampang menavigasikan fitur fiturnya. Kekurangan dari website ini adalah pada bagian franchise yang kosong, dan pada bagian stores yang webnya tidak aktif dengan keterangan error pada api.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar